kualitas yang harus dimiliki manajer


kualitas yang harus dimiliki manajer

   Di zaman modern saat ini banyak pengusaha yang menjalani dunia bisnis. Tapi untuk sukses menjalani bisnis tidaklah mudah. Seorang manajer bisnis harus mempunyai modal yang cukup. Modal untuk menjadi pengusaha bukan hanya uang tapi pengetahuan dan mental yang kuat. Berikut ini adalah hal yang harus dimiliki seorang pengusaha.

Tim kerja yang mendukung


    Anda harus memiliki tim kerja yang kuat dan mendukung pada bisnis anda. Harus ada kesesuaian antara anda dengan tim, juga dengan bisnis yang dikerjakan. Sehingga pekerjaan bisa berjalan dengan baik dan mudah bagi anda dan karyawan. Jangan menganggap mereka karyawan saja, tetapi perlakukan mereka sebagai teman kerja.

Pandai melihat peluang


  Anda harus mahir dalam memilih pasar dan mencari peluang bisnis yang sekiranya akan berkembang, karena jika anda salah dalam memilih pasar dan mencari peluang maka bisnis yang anda jalani tidak akan berkembang.

Buatlah konsep yang tepat


   Untuk membuat konsep sebaiknya anda tidak terlalu berlebihan dan tidak jelas, hal ini yang akan menjadi masalah untuk menjalankan bisnis anda, karena anda hanya akan merasa kesulitan dan terbebani untuk mencapai target. Jadi anda harus membuat beberapa konsep dan memilih konsep mana yang terbaik dan tepat untuk anda jalani.

Sistem yang baik


   Menjalankan bisnis seharusnya dengan menerapkan sistem, didalam sebuah sistem anda akan membuat aturan di dalamnya, terutama jika anda memiliki beberapa karyawan. Anda harus membuat sistem yang baik agar bisnis yang anda jalani lancar dan teratur. Jangan membuat sebuah sistem yang sangat sulit sehingga karyawan anda kesulitan untuk menjalankannya.

Pandai dalam beradaptasi


   Ketika anda menjalankan bisnis, anda akan dihadapkan masalah kecil hingga besar, maka sebagai seorang manajer bisnis anda harus siap menghadapinya agar tidak kaget di kemudian hari.

Mengatur arus kas


   Dalam menjalani bisnis anda menggunakan uang untuk keperluan produksi. Tentunya dengan banyaknya kebutuhan produksi anda harus pandai dalam membelanjakan uang. Mahir dalam menggunakan uang dibutuhkan sebuah latihan. Melatih kemampuan mengelolah uang keluar dan uang masuk. Anda harus bisa mengelola dengan baik agar biaya yang ada tidak terbuang karena membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Keahlian dalam mengelolah keuangan yang tepat dapat membawa bisnis anda mencaai kesuksesan.

Minat besar


   Saat menjalani bisnis anda harus memiliki semangat, memiliki minat besar bertujuan agar fokus pada bisnis yang sedang ditekuni. Kebanyakan orang sukses mereka memiliki minat tinggi didalam menjalani bisnisnya.

Ketekunan


   Seorang manajer bisnis yang sukses biasanya memiliki sifat tekun dalam menjalani bisnis. Ketekunan sangat dibutuhkan untuk menjalani proses demi proses sebuah bisnis, karena dalam menjalani bisnis tak selamanya berjalan lancar. Jika sudah memiliki sifat tekun anda akan memiliki mentalkuat dalam menjalani bisnis.

Meng hilangkan rasa jenuh


   Seorang manajer bisnis pasti pernah mengalami kejenuhan ketika menjalani bisnis. Seorang manajer bisnis harus mampu mengendalikan dan mengatasi rasa jenuh agar bisnis yang dijalani tidak gagal.

Miliki sifat suka belajar


     Manajer bisnis yang sukses adalah orang yang suka belajar dari pengalaman ataupun orang lain. Karena tak ada teori pasti yang bisa membuat kita sukses. Mendengar saran dan kritik dari orang lain adalah salah satu cara untuk belajar. Milikilah semangat belajar yang tinggi karena semangat itu penting. Ada banyak target yang harus dicapai dan anda harus selalu berusaha menyesuaikan diri dengan semuanya. Akan lebih baik anda mempunyai seorang pembimbing yang ahli dalam bisnis anda.


Multi-tasking


     Seorang manajer harus dapat mengawasi semua karyawan, mengingat kemampuan dan kelemahan mereka sementara memprioritaskan beberapa proyek.Manajer terbaik melakukan banyak tugas dan menyeimbangkan prioritas tersebut tanpa kehilangan produktivitas.


Pengambilan keputusan


          Kemampuan untuk mengevaluasi dan memutuskan sangat penting untuk menjadi manajer yang sukses dalam bisnis kecil. Usaha kecil unik karena informasi sering kali harus ditindaklanjuti dengan cepat tetapi membuat keputusan yang tepat dengan cepat tanpa membuat kesalahan berarti mengevaluasi informasi untuk memilih apa yang penting dan apa yang tidak. Jangan melihat situasi berulang-ulang tanpa membuat keputusan - benar atau salah - atau Anda akan kehilangan banyak peluang.


Kepemimpinan


           Manajer terbaik tahu bagaimana cara memaksimalkan karyawan mereka, sambil membimbing mereka dalam proses. Itu berarti menggunakan kritik konstruktif yang bijaksana. Itu berarti memimpin dengan memberi contoh bukannya lakukan seperti yang saya katakan. Ini semua adalah sifat kepemimpinan yang menginspirasi karyawan untuk memberikan yang terbaik.


Motivasi


           Ini sejalan dengan kepemimpinan. Agar efektif sebagai manajer, mampu memotivasi karyawan adalah suatu keharusan. Meskipun saya seorang pembicara motivasi, motivasi untuk ingin melakukannya dengan baik adalah internal. Entah karyawan itu termotivasi untuk melakukan pekerjaan itu atau tidak. Seorang manajer yang sukses dapat memupuk itu bersama dengan menggunakan ekspektasi kinerja yang jelas. Menetapkan tujuan akan membuat karyawan tetap fokus pada kesuksesan jangka panjang perusahaan Anda.



Keterampilan Pengembangan Bisnis


         Seorang manajer harus dapat mencari area di mana perusahaan atau prosedur dalam perusahaan dapat ditingkatkan. Karyawan Millennial sangat pandai melihat hal-hal ini ketika mereka pertama kali memulai, jadi terbuka untuk mereka. Merampingkan prosedur dan memotong biaya adalah dua cara seorang manajer menunjukkan keterampilan ini.

       Komunikasi yang efektif. Tanpa keterampilan komunikasi, manajer tidak akan efektif. Hanya sebagian kecil komunikasi yang merupakan kata yang diucapkan. Bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan nada suara semuanya digabungkan dengan kata-kata untuk menyampaikan pesan. Manajer terbaik telah mengembangkan kemampuan untuk tidak hanya mengomunikasikan poin-poin yang mereka coba buat, tetapi juga untuk benar-benar mendengarkan orang-orang di sekitar mereka.berusaha untuk mendengar, daripada berbicara.

    Ketika seorang manajer memiliki enam keterampilan yang tercantum di atas, mereka dapat menerima informasi dari berbagai sumber, dari karyawan yang mereka pimpin, atau bahkan dari industri di sekitar mereka, kemudian menggunakan informasi itu untuk mendapatkan keuntungan.

0 komentar:

Post a Comment

loading...