mengembangkan kualitas bisnis anda
Dalam dunia bisnis kualitas layanan sangatlah penting.
Pelayanan yang baik akan membuat konsumen menjadi senang. Kualitas layanan yang
tepat akan membuat kosumen senang dan menjadi pelanggan tetap yang biasanya
akan mengajak orang lain untuk membeli produk anda. Sehingga akan tambah lagi
konsumen tetap baru.
Tidaklah mudah untuk membuat pelayanan bisnis anda menjadi
bagus. Ketika anda melakukan kesalahan, pelanggan akan kecewa dengan pelayanan
anda, bahkan pelanggan tersebut menceritakan kepada orang lain bahwa bisnis
yang anda jalani memiliki pelayanan yang jelek. Jadi sebagai manajer bisnis
anda harus bisa memberikan layanan yang bisa membuat konsumen senang agar
bisnis anda berkembang. Berikut cara terbaik yang wajib anda lakukan.
Cepat dan tanggap
Melayani konsumen harus cepat dan tanggap karena konsumen
pasti ingin dilayani dengan cepat dan tangga. Tanggap adalah segala hal yang
anda berikan kepada konsumen sesuai dengan keinginan konsumen. Memberi
pelayanan cepat itu lebih baik tapi harus cepat dan sesuai dengan apa yang
diinginkan konsumen. Jika anda memgalami masalah sehingga tidak bisa melayani
dengan cepat maka anda harus memberi hiburan pada konsumen agar konsumen tidak
bosan.
Pelayanan Telepon
Konsumen yang menghubungi melalui telepon harus diutamakan
lebih dulu, Karena konsumen yang menghubungi lewat telepon biasanya ada urusan
yang penting. Jika hanya urusan biasa, mungkin konsumen akan menghubungi
melalui social media, sms, atau email. Maka dari itu harus ada seorang pegawai
yang khusus mengangkat telpon layanan call center.
Mendengar keluhan
Sebagian orang pasti sulit membiasakan diri untuk
mendengarkan. Tetapi kebiasaan ini menjadi unsur penting untuk meningkatkan
pelayanan bisnis. Sebagian besar pelanggan yang memiliki kebiasaan banyak
bicaranya hanya ingin didengarkan. Maka sebagai seorang manajer bisnis anda
harus mendengarkan konsumen anda dengan penuh perhatian supaya mereka merasa
dihormati dan diharapkan. Setelah konsumen selesai membicarakan keluhannya maka
anda harus menanggapinya dan menjawab keluhan mereka.
Selalu sabar
Kesabaran memiliki batasan meski begitu anda harus tetap
bersabar meski keadaan membuat anda tidak sabar. Jangan sampai anda tidak sabar
dan mengatakan sesuatu yang kurang pantas untuk diucapkan. Kejadian seperti ini
yang akan membuat keadaan menjadi buruk dan konsumen menilai pelayanan anda
jelek. Untuk memberikan pelayanan yang baik, cobalah layani konsumen anda
dengan tenang, karena dengan hati yang tenang anda akan mengucapkan sesuatu
yang positif.
Baca juga:
Baca juga:
Meminta maaf
Semua bisnis yang sukses pasti pernah mengalami kesalahan,
baik kecil maupun besar. Jika anda mengalami kesalahan maka anda harus menerima
kesalahan tersebut. Ketika ada konsumen yang merasa dirugikan, maka anda harus
segera menyelesaikannya. Mengakui kesalahan dan meminta maaf adalah salah satu
cara agar kepercayaan konsumen bisnis anda kembali.
Menepati janji
Ketika anda berjanji kepada konsumen dan tidak bisa
menepatinya, maka anda harus berkata jujur bahwa anda tidak mampu. Karena
apabila anda berjanji dan tidak anda tepati, maka kepercayaan konsumen anda
akan hilang, yang menyebabkan konsumen mencari bisnis lain yang lebih konsumen
sukai.
Pelatihan rutin
Sebagai seorang manajer bisnis anda harus melatih karyawan
anda, agar karyawan anda tahu tugas dan kewajibannya. Pastikan anda melatih
karyawan anda rutin setiap bulan sekali agar mereka memahami lebih dalam tugas
dan kewajibannya. Untuk karyawan yang baru maka harus mengikuti pelatihan
selama satu bulan, agar bisa terbiasa dengan pekerjaan yang baru didapatkan.
0 komentar:
Post a Comment