mengembangkan kualitas bisnis anda


mengembangkan kualitas bisnis anda
   

   Dalam dunia bisnis kualitas layanan sangatlah penting. Pelayanan yang baik akan membuat konsumen menjadi senang. Kualitas layanan yang tepat akan membuat kosumen senang dan menjadi pelanggan tetap yang biasanya akan mengajak orang lain untuk membeli produk anda. Sehingga akan tambah lagi konsumen tetap baru.

     Tidaklah mudah untuk membuat pelayanan bisnis anda menjadi bagus. Ketika anda melakukan kesalahan, pelanggan akan kecewa dengan pelayanan anda, bahkan pelanggan tersebut menceritakan kepada orang lain bahwa bisnis yang anda jalani memiliki pelayanan yang jelek. Jadi sebagai manajer bisnis anda harus bisa memberikan layanan yang bisa membuat konsumen senang agar bisnis anda berkembang. Berikut cara terbaik yang wajib anda lakukan.

Cepat dan tanggap


    Melayani konsumen harus cepat dan tanggap karena konsumen pasti ingin dilayani dengan cepat dan tangga. Tanggap adalah segala hal yang anda berikan kepada konsumen sesuai dengan keinginan konsumen. Memberi pelayanan cepat itu lebih baik tapi harus cepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen. Jika anda memgalami masalah sehingga tidak bisa melayani dengan cepat maka anda harus memberi hiburan pada konsumen agar konsumen tidak bosan.

Pelayanan Telepon


   Konsumen yang menghubungi melalui telepon harus diutamakan lebih dulu, Karena konsumen yang menghubungi lewat telepon biasanya ada urusan yang penting. Jika hanya urusan biasa, mungkin konsumen akan menghubungi melalui social media, sms, atau email. Maka dari itu harus ada seorang pegawai yang khusus mengangkat telpon layanan call center.

Mendengar  keluhan


   Sebagian orang pasti sulit membiasakan diri untuk mendengarkan. Tetapi kebiasaan ini menjadi unsur penting untuk meningkatkan pelayanan bisnis. Sebagian besar pelanggan yang memiliki kebiasaan banyak bicaranya hanya ingin didengarkan. Maka sebagai seorang manajer bisnis anda harus mendengarkan konsumen anda dengan penuh perhatian supaya mereka merasa dihormati dan diharapkan. Setelah konsumen selesai membicarakan keluhannya maka anda harus menanggapinya dan menjawab keluhan mereka.

Selalu sabar


    Kesabaran memiliki batasan meski begitu anda harus tetap bersabar meski keadaan membuat anda tidak sabar. Jangan sampai anda tidak sabar dan mengatakan sesuatu yang kurang pantas untuk diucapkan. Kejadian seperti ini yang akan membuat keadaan menjadi buruk dan konsumen menilai pelayanan anda jelek. Untuk memberikan pelayanan yang baik, cobalah layani konsumen anda dengan tenang, karena dengan hati yang tenang anda akan mengucapkan sesuatu yang positif.


Baca juga:
Iklan online yang harus digunakan untuk usaha
cermat mengelola keuangan usaha online
pemasaran online dengan memanfaatkan media sosial

Meminta maaf


    Semua bisnis yang sukses pasti pernah mengalami kesalahan, baik kecil maupun besar. Jika anda mengalami kesalahan maka anda harus menerima kesalahan tersebut. Ketika ada konsumen yang merasa dirugikan, maka anda harus segera menyelesaikannya. Mengakui kesalahan dan meminta maaf adalah salah satu cara agar kepercayaan konsumen bisnis anda kembali.

Menepati  janji


   Ketika anda berjanji kepada konsumen dan tidak bisa menepatinya, maka anda harus berkata jujur bahwa anda tidak mampu. Karena apabila anda berjanji dan tidak anda tepati, maka kepercayaan konsumen anda akan hilang, yang menyebabkan konsumen mencari bisnis lain yang lebih konsumen sukai.

Pelatihan rutin


    Sebagai seorang manajer bisnis anda harus melatih karyawan anda, agar karyawan anda tahu tugas dan kewajibannya. Pastikan anda melatih karyawan anda rutin setiap bulan sekali agar mereka memahami lebih dalam tugas dan kewajibannya. Untuk karyawan yang baru maka harus mengikuti pelatihan selama satu bulan, agar bisa terbiasa dengan pekerjaan yang baru didapatkan.

Pendapat konsumen


       Pendapat konsumen merupakan hal penting dalam kemajuan sebuah bisnis. Dengan adanya pendapat konsumen, Anda bisa tahu sebaik apa pelayanan yang anda berikan kepada konsumen, apakah sudah baik atau belum. Mintalah konsumen memberikan pendapat atas layanan yang telah merika dapatkan.

0 komentar:

Post a Comment

loading...