yang harus diperhatikan dalam menarik pembeli
Memperhatikan pemasaran merupakan hal penting dalam menjalani bisnis. Perusahaan besar atau kecil selalu memperhatikan strategi penjualan yang mereka jalankan, karena hal ini yang mempengaruhi sukses atau tidaknya bisnis yang dijalani. Memahami kebutuhan pelanggan sangatlah penting, oleh karena itu seorang manajer bisnis harus mengerti strategi penjualan yang efektif agar kebutuhan pelanggan terpenuhi dan konsumen menyukai produk anda.
Strategi pemasaran adalah unsur penting yang dapat memajukan bisnis. Misalnya dengan mengamati pasar sebelum menerapkan ide dan kreatifitas anda. Dalam mengamati pasar harus lebih detail dan teliti untuk mengetahui target pasar. Dengan mengetahui kriteria konsumen anda dan dimana mereka berada, maka anda bisa menjual produk anda. Strategi pemasaran yang jelas sangat penting untuk memajukan bisnis yang sedang di tekuni.
-Analisa kebutuhan
Biasanya pelanggan ingin memenuhi kebutuhan maka pelanggan membeli suatu produk atau jasa. Dengan demikian pelanggan mengetahui kebutuhan untuk dipecahkan.
Seorang manajer bisnis harus melakukan analisa masalah yang dihadapi konsumen untuk bisa memenuhi kebutuhannya.
-Sumber informasi
Pelanggan yang telah tertarik untuk memenuhi kebutuhanya maka pelanggan memiliki kecenderungan untuk mencari informasi. Pelanggan biasanya mencari informasi tentang cara menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. mereka cenderung menggunakan sejumlah alternatif di sekitar mereka.
-Evaluasi
Setelah konsumen membeli produk anda, konsumen akan melihat manfaat dan keuntungannya ketika mendapatkannya.Tanggapan mereka dalam hal ini akan menentukan mereka akan membeli produk anda lagi atau tidak.
Baca juga:
Sebagian besar pemasar produk menghadapi persaingan ketika mereka memasuki pasar, tetapi memiliki persaingan untuk suatu produk belum tentu negatif. Bahkan, ini bisa membantu dalam dua cara:
Persaingan menunjukkan kepada Anda bahwa ada pasar untuk produk yang ingin Anda jual. Mempelajari pesaing yang ada membantu Anda melihat alur penjualan dan taktik pemasaran mana yang berfungsi, dan mengungkap apa yang diharapkan konsumen dari produk Anda. Untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang dilakukan pesaing Anda, mulailah dengan pencarian di internet menggunakan kata kunci yang menggambarkan produk Anda. Ini akan mengungkap banyak informasi yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis keduanya.
Inti dari mempelajari bagaimana memasarkan suatu produk secara efektif adalah terhubung dengan audiens Anda dan mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar. Untuk melakukan ini, pertama-tama Anda harus mendefinisikan dengan jelas siapa yang mencari dan kemungkinan besar membeli produk Anda. Mempertimbangkan pembeli ideal Anda membantu Anda mengembangkan kisah produk yang menarik yang akan membuat mereka ingin membeli dan menargetkan taktik Anda ke saluran yang paling mungkin mereka gunakan.
Penting untuk mengetahui dan menganalisis kisaran harga untuk produk yang bersaing dan sejenis. Jika produk pesaing menjual harga yang jauh lebih tinggi atau lebih rendah dari titik harga yang Anda targetkan, cari tahu mengapa.
Analisis penetapan harga yang menyeluruh juga akan membantu Anda menemukan peluang keuntungan. Misalnya, jika tren penetapan harga pesaing Anda lebih tinggi dari titik harga yang Anda rencanakan, dan kualitasnya serupa, Anda dapat memberi harga barang Anda lebih tinggi dan lebih menguntungkan atau harga lebih rendah daripada yang lain untuk menarik pembeli lebih cepat. Tetapi, jika banyak produk yang bersaing diberi harga atau lebih rendah dari titik harga target Anda, Anda mungkin kesulitan untuk menjual.
Saat Anda menjelajahi situs web pesaing, daftar pasar, dan keterlibatan media sosial, berikan perhatian khusus pada ulasan pelanggan. Catat pesaing mana yang memiliki peringkat tinggi, menengah, dan rendah, dan catat juga jumlah ulasan dan tanggal review, yang dicantumkan oleh sebagian besar situs. Jika suatu item memiliki ratusan ulasan setiap bulan, Anda tahu itu laku. Sebaliknya, jika hanya memiliki beberapa ulasan setiap bulan, itu mungkin tidak berguna dan Anda mungkin kesulitan menemukan audiens.
"Pemasar produk harus benar-benar membaca ulasan produk pesaing mereka."
“Buat catatan tentang apa yang disukai pengguna tentang produk kompetisi — dan apa yang tidak mereka sukai. Kemudian pastikan bahwa produk Anda tidak memiliki kesalahan yang sama dengan yang pelanggan komplain dalam ulasan pesaing. Jika Anda dapat membuat dan menjual versi yang lebih baik dari barang populer yang sudah ada di pasaran, Anda akan bisa menarik pembeli menjauh dari persaingan dan membangun ulasan produk yang lebih baik untuk membantu mendorong lebih banyak penjualan."
Baca juga:
-Riset Pesaing Anda & Taktik yang Mereka Gunakan
Sebagian besar pemasar produk menghadapi persaingan ketika mereka memasuki pasar, tetapi memiliki persaingan untuk suatu produk belum tentu negatif. Bahkan, ini bisa membantu dalam dua cara:
Persaingan menunjukkan kepada Anda bahwa ada pasar untuk produk yang ingin Anda jual. Mempelajari pesaing yang ada membantu Anda melihat alur penjualan dan taktik pemasaran mana yang berfungsi, dan mengungkap apa yang diharapkan konsumen dari produk Anda. Untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang dilakukan pesaing Anda, mulailah dengan pencarian di internet menggunakan kata kunci yang menggambarkan produk Anda. Ini akan mengungkap banyak informasi yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis keduanya.
Tentukan Pembeli Ideal Produk Anda
Inti dari mempelajari bagaimana memasarkan suatu produk secara efektif adalah terhubung dengan audiens Anda dan mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar. Untuk melakukan ini, pertama-tama Anda harus mendefinisikan dengan jelas siapa yang mencari dan kemungkinan besar membeli produk Anda. Mempertimbangkan pembeli ideal Anda membantu Anda mengembangkan kisah produk yang menarik yang akan membuat mereka ingin membeli dan menargetkan taktik Anda ke saluran yang paling mungkin mereka gunakan.
Harga Pesaing
Penting untuk mengetahui dan menganalisis kisaran harga untuk produk yang bersaing dan sejenis. Jika produk pesaing menjual harga yang jauh lebih tinggi atau lebih rendah dari titik harga yang Anda targetkan, cari tahu mengapa.
Analisis penetapan harga yang menyeluruh juga akan membantu Anda menemukan peluang keuntungan. Misalnya, jika tren penetapan harga pesaing Anda lebih tinggi dari titik harga yang Anda rencanakan, dan kualitasnya serupa, Anda dapat memberi harga barang Anda lebih tinggi dan lebih menguntungkan atau harga lebih rendah daripada yang lain untuk menarik pembeli lebih cepat. Tetapi, jika banyak produk yang bersaing diberi harga atau lebih rendah dari titik harga target Anda, Anda mungkin kesulitan untuk menjual.
Ulasan Produk Konsumen Pesaing
Saat Anda menjelajahi situs web pesaing, daftar pasar, dan keterlibatan media sosial, berikan perhatian khusus pada ulasan pelanggan. Catat pesaing mana yang memiliki peringkat tinggi, menengah, dan rendah, dan catat juga jumlah ulasan dan tanggal review, yang dicantumkan oleh sebagian besar situs. Jika suatu item memiliki ratusan ulasan setiap bulan, Anda tahu itu laku. Sebaliknya, jika hanya memiliki beberapa ulasan setiap bulan, itu mungkin tidak berguna dan Anda mungkin kesulitan menemukan audiens.
"Pemasar produk harus benar-benar membaca ulasan produk pesaing mereka."
“Buat catatan tentang apa yang disukai pengguna tentang produk kompetisi — dan apa yang tidak mereka sukai. Kemudian pastikan bahwa produk Anda tidak memiliki kesalahan yang sama dengan yang pelanggan komplain dalam ulasan pesaing. Jika Anda dapat membuat dan menjual versi yang lebih baik dari barang populer yang sudah ada di pasaran, Anda akan bisa menarik pembeli menjauh dari persaingan dan membangun ulasan produk yang lebih baik untuk membantu mendorong lebih banyak penjualan."
0 komentar:
Post a Comment