Tips membuat iklan agar sukses berbisnis
Dalam membuat iklan, yang lebih utama bukan hanya cara komunikasinya, namun jenis pesan yang ditulis perusahaan berisi tujuan pemasaran yang akan disampaikan kepada konsumen, dengan bentuk yang menyesuaikan tujuan pesan.
Ada 4 macam tujuan pesan dalam pemasaran, yaitu:
1. Menarik Perhatian
Pesan dalam pemasaran harus memiliki poin penting yang dapat menarik perhatian konsumen, agar konsumen tahu bahwa produk yang kita jual adalah produk yang mereka sangat butuhkan.
2. Menimbulkan Minat
Pesan dalam pemasaran harus memiliki poin penting yang membuat konsumen berminat pada produk yang kita jual.
3. Memicu Keinginan
Setelah konsumen berminat pesan harus dapat membuat konsumen sangat berminat untuk membeli produk yang kita buat.
4. Memicu Tindakan
Pesan yang disampaikan harus mendorong kemauan konsumen untuk tidak ragu membeli produk yang kita jual.
Poin-poin penting yang harus ada didalam iklan:
1. Mempunyai target yang jelas, dengan menentukan target konsumen dan media pasang iklan yang menyesuaikan kualitas, harga dan distribusi.
2. Mempunyai fokus atas poin utama yang ingin di sampaikan dari produk dan jasa yang di iklankan.
3. Memiliki hal menarik tertentu agar konsumen yang menjadi sasaran bisa berhenti melihat isi iklan, selain tulisan menarik, daya tarik iklan terlihat dari desain layout yang menarik.
4. Sajikan iklan dengan menarik, agar iklan yang berisi pesan menjadi menarik jika tidak disajikan menarik tak akan bagus.
Macam penyusunan pesan yang bersifat informatif, yakni :
a. Space Order
adalah penyusunan pesan yang menyesuaikan tempat dan ruangan, seperti internasional yaitu seluruh dunia, nasional yaitu daerah terdekat.
b. Time Order
adalah penyusunan pesan menyesuaikan waktu atau periode yang dibuat secara berurutan atau berturut-turut.
c. Deductive Order
adalah pembuatan pesan yang diawali dari poin-poin yang bersifat umum kepada yang khusus.
d. Inductive Order
adalah pembuatan pesan yang diawali dari poin-poin yang bersifat khusus kepada yang umum.
Hal yang harus diperhatikan dalam pesan iklan :
1. Pesan yang disampaikan harus jelas
2. Pesan yang disampaikan terbukti benar
3. Pesan yang disampaikan harus diringkas dengan rapi
4. Pesan yang disampaikan mencakup keseluruhan dan tidak sebagian saja
5. Pesan yang disampaikan benar dan nyata
6. Pesan yang disampaikan lengkap dan disusun secara teratur
7. Pesan menarik perhatian dan meyakinkan konsumen
8. Pesan disampaikan dengan sopan dan tidak berlebihan
9. Nilai pesan itu sangat matang dan berkualitas tinggi
Perusahaan menggunakan iklan sebagai bagian dari program pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan mereka. Periklanan memainkan peran yang berbeda pada berbagai tahap proses pemasaran - membantu meningkatkan kesadaran akan suatu produk atau layanan, menghasilkan arahan untuk tenaga penjualan atau menjual secara langsung. Perusahaan dengan gerai ritel menggunakan iklan untuk membuat konsumen mengetahui ketersediaan produk dan meningkatkan penjualan melalui gerai.
Perusahaan menggunakan iklan untuk membuat pelanggan dan prospek mengetahui fitur dan manfaat produk mereka. Jika pelanggan tidak mengetahui produk Anda, mereka tidak akan mempertimbangkannya ketika mereka selanjutnya membuat keputusan pembelian untuk jenis produk yang Anda tawarkan. Iklan menempatkan produk Anda ke dalam rangkaian pilihan.
Iklan dapat membangun preferensi untuk produk Anda daripada penawaran pesaing. Pesan iklan Anda harus mencerminkan informasi yang dianggap penting oleh pelanggan ketika memilih suatu produk. Itu juga harus menekankan kualitas produk Anda. Dengan beriklan secara teratur, Anda dapat memperkuat pesan merek sehingga produk Anda menjadi pilihan pertama ketika konsumen selanjutnya melakukan pembelian.
Gunakan iklan respons langsung untuk menjual produk langsung ke pelanggan. Iklan tersebut mencakup perincian produk dan harganya beserta nomor telepon atau alamat situs web tempat pelanggan dapat memesan produk.
Detail iklan pengecer atau distributor yang memasok produk Anda membangun penjualan dengan mengarahkan lalu lintas ke outlet. Iklan dapat memberikan informasi tentang gerai ritel atau mempromosikan penawaran khusus yang tersedia di gerai tersebut. Jenis iklan ini juga dapat membantu Anda mempromosikan produk Anda ke distributor dan pengecer.
Jika Anda memasarkan produk dan layanan melalui tenaga penjualan, Anda dapat menggunakan iklan untuk menghasilkan arahan bagi tim untuk ditindaklanjuti. Sertakan mekanisme respons dalam iklan seperti kupon balasan, nomor telepon, atau alamat email sehingga pelanggan dapat mendaftarkan detail mereka dengan imbalan tawaran insentif. Contoh insentif termasuk salinan gratis laporan khusus untuk pelanggan bisnis atau hadiah untuk konsumen.
Ketika seorang prospek memilih pemasok untuk pembelian besar, reputasi perusahaan merupakan faktor penting dalam keputusan. Gunakan iklan untuk membangun persepsi positif tentang perusahaan Anda. Reputasi atau iklan korporat mengkomunikasikan pesan tentang faktor-faktor seperti prestasi perusahaan Anda, stabilitas keuangan, keberhasilan pasar dan catatan inovasi.
Perusahaan menggunakan iklan sebagai bagian dari program pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan mereka. Periklanan memainkan peran yang berbeda pada berbagai tahap proses pemasaran - membantu meningkatkan kesadaran akan suatu produk atau layanan, menghasilkan arahan untuk tenaga penjualan atau menjual secara langsung. Perusahaan dengan gerai ritel menggunakan iklan untuk membuat konsumen mengetahui ketersediaan produk dan meningkatkan penjualan melalui gerai.
Kesadaran
Perusahaan menggunakan iklan untuk membuat pelanggan dan prospek mengetahui fitur dan manfaat produk mereka. Jika pelanggan tidak mengetahui produk Anda, mereka tidak akan mempertimbangkannya ketika mereka selanjutnya membuat keputusan pembelian untuk jenis produk yang Anda tawarkan. Iklan menempatkan produk Anda ke dalam rangkaian pilihan.
Preferensi Merek
Iklan dapat membangun preferensi untuk produk Anda daripada penawaran pesaing. Pesan iklan Anda harus mencerminkan informasi yang dianggap penting oleh pelanggan ketika memilih suatu produk. Itu juga harus menekankan kualitas produk Anda. Dengan beriklan secara teratur, Anda dapat memperkuat pesan merek sehingga produk Anda menjadi pilihan pertama ketika konsumen selanjutnya melakukan pembelian.
Penjualan langsung
Gunakan iklan respons langsung untuk menjual produk langsung ke pelanggan. Iklan tersebut mencakup perincian produk dan harganya beserta nomor telepon atau alamat situs web tempat pelanggan dapat memesan produk.
Pengembangan Ritel
Detail iklan pengecer atau distributor yang memasok produk Anda membangun penjualan dengan mengarahkan lalu lintas ke outlet. Iklan dapat memberikan informasi tentang gerai ritel atau mempromosikan penawaran khusus yang tersedia di gerai tersebut. Jenis iklan ini juga dapat membantu Anda mempromosikan produk Anda ke distributor dan pengecer.
Generasi pemimpin
Jika Anda memasarkan produk dan layanan melalui tenaga penjualan, Anda dapat menggunakan iklan untuk menghasilkan arahan bagi tim untuk ditindaklanjuti. Sertakan mekanisme respons dalam iklan seperti kupon balasan, nomor telepon, atau alamat email sehingga pelanggan dapat mendaftarkan detail mereka dengan imbalan tawaran insentif. Contoh insentif termasuk salinan gratis laporan khusus untuk pelanggan bisnis atau hadiah untuk konsumen.
Reputasi
Ketika seorang prospek memilih pemasok untuk pembelian besar, reputasi perusahaan merupakan faktor penting dalam keputusan. Gunakan iklan untuk membangun persepsi positif tentang perusahaan Anda. Reputasi atau iklan korporat mengkomunikasikan pesan tentang faktor-faktor seperti prestasi perusahaan Anda, stabilitas keuangan, keberhasilan pasar dan catatan inovasi.
0 komentar:
Post a Comment